Selasa, 12 Februari 2013

Sinopsis Novel The Lost Prince


Sinopsis Novel The Lost Prince

KaisarTuqluqTimur Khan yang brilianberjuangmenyatukanseluruh imperium mongoliakembalisepertisaatJengiz Khan dulumembangunnya. Dalamsebuahlawatanperburuan di Gurun Gobi, beliaubertemuSyekhJamaluddindari Bukhara yang mengubahseluruhpandanganhidupnya.Keinginankaisaruntukmenjadiseorangmuslimterhalang, tetapikaisarberjanjibahwaiapastimenepatinya, suatusaatnanti. SayangsekaliKaisardanPermaisuriIlkhataterbunuhdalamsebuahkonspirasi.
Sebelumwafat, kaisarmenitipkanwasiatkepadaPangeranTakudaruntukmenemuiSyekhJamaluddin demi mewujudkanjanjimulianya.BersamaUchatadaraatau Ying Chin dayangdanpengawalnya yang setia, merekalolosmelarikandiridaribayang-bayangPanglimaAlbuqa Khan yangkejam.
PangeranTakudarmenggantinamanyamenjadiBaruji.Iamenjalanihari-harinya yang tenang di sebuahdesakecil di daerahterpencil, Syakhrisyabz, sebuahwilayahsuburantara Bukhara dan Samarkand. IamenaggalkanseluruhatributkebangsawanandanberalihrupamenjadipemudaBaruji yang sederhana. Disanaiamenimbailmumerajuthari-hariditemaniAlmamuchidanSalim. Segalanyatampakberjalanwajar, meskijauh di lubukhatinya, sesuatumengusikmimpimerekahampir di setiapmalammembangunkan.Membuatterjaga.IanyarismelupakanseluruhimpianbesardanjanjiKaisar, namunRasyiduddinputraSyekhJamaluddindan Ying Chin senantiasamembangkitkansemangatnyauntukkembaliketahtasinggasana di UlaanBataar.
Jauhdaritempatmereka, UlaanBataarmemperkuatdirisemenjakPangeranArghunnaiktahta.
Albuqa Khan semakinmemperkuatcengkeraman. Walau orang-orang terkemukaistanamerasagelisah.Takadaseorangpun  yangmemilikikeberaniancukupuntukberbicara di depanAlbuqa Khan. PangeranBuzundanPutriUrghanasekalipunseakanhilangakalmenghadapisituasi yang jauhdariharapanKaisarTuqluqTimur Khan dulu. Takudartakinginmenumpahkandarahsiapapunlagi, termasukArghundanBuzun, duaadik yang sangatdicintainya, sekalipunArghun Khan telahnaiktahtamenjadikaisardanberubahmenjadiduplikatAlbuqa Khan yang ambisius.
Takudartakdapatberlama-lama menjadibaruji, hiduptenangsebagaiseorangmuslimsembarimenimbailmusebanyak-banyaknya di wilayahbarat. IaharussecepatnyaberangkatkeUlaanBataardenganmenanggungsegalaresiko, sebelumArghunKhan semakinmembabibutamenghancurkanpejabat-pejabatmuslim di seluruhdataranCina.  

Judul: The Lost Prince
Penulis: Sintayudisiawisudanti
Pengarang :Sintayudisiawisudanti
Tebalbuku : 236 hal
Penerbit : Gema Insani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar